BLOGGER TEMPLATES AND MyYearBook Layouts »

Kamis, 02 Juni 2011

ASPEK YANG MEMPENGARUHI BAHASA : BIOLOGIS


Sebelumnya perlu kita ketahui apa Ilmu Psikolinguistik itu? Ilmu Psikolinguistik adalah ilmu yang membahas landasan biologis dan neurologis pada bahasa. Perkembangan bahasa manusia terkait erat dengan perkembangan biologinya. Dan pertumbuhan bahasa pada manusia mengikuti jadwal perkembangan genetiknya sehingga munculnya suatu bahasa tidak dapat di paksakan.
            Di seluruh dunia, pada umumnya anak memperoleh bahasa dengan melalui proses yang sama. Antara umur 6 sampai 8 minggu, anak mulai mendekat (cooing), yakni mereka mengeluarkan bunyi-bunyi yang serupa bunyi vocal dan konsonan. Bunyi ini belum bisa diketahui sebagai bunyi apa, tapi sudah merupakan suatu bunyi. Pada sekitar umur sekitar 6 bulan mulailah dengan berceloteh atau mengeluarkan bunyi yang berupa sukukata. Pada umur sekitar 1 tahun, anak mulai mengeluarkan bunyi yang bisa diidentifikasi sebagai suatu kata atau ujaran satu kata. Menjelang umur 2 tahun mulailah dengan ujaran dua kata. Akhirnya, sekitar 4-5 tahun anak akan telah dapat berkomunikasi dengan lancar.
            Untuk 18 bulan pertama, seorang tokoh Bahasa Lennberg (1969 : 13) memberikan pendapat seperti pada gambar dibawah ini, di mana di gambarkan keterkaitan antara perkembangan biologi manusia dengan bahasa yang sedang diperolehnya.

0 komentar: