BLOGGER TEMPLATES AND MyYearBook Layouts »

Kamis, 02 Juni 2011

INTEVERENSI DAN INTEGRASI DALAM BAHASA


1. Pengertian Interverensi
      Interverensi bahasa yaitu penyimpangan norma kebahasaan yang terjadi dalam ujaran dwibahasa atau bilingualisme karena keakrabannya terhadap lebih dari satu bahasa, yang disebabkan karena adanya kontak bahasa.
      Dapat disimpulkan dari sekian banyak pendapat dari tokoh-tokoh sosiolinguistik bahwa :
-          Ketika kontak bahasa terjadi, maka proses saling mempengaruhi antara bahasa satu dengan bahasa yang lain saling berhubungan. Dan pada saat itulah interverensi terjadi atau muncul.
-          Interverensi merupakan masuknya penyusupan sistem suatu bahasa ke dalam bahasa lain.
2.  Pengertian Integrasi
      Integrasi adalah unsur-unsur dari bahasa lain yang terbawa masuk serta sudah dianggap, diperlakukan, dan dipakai sebagai bagian dan bahasa yang menerima atau yang memasukinya.
  1. Kesimpulan dari saya :
      Dari pengertian ini dapat diartikan bahwa Interferensi masih dalam proses, sedangkan Integrasi sudah menetap dan diakui sebagai bagian dari bahasa penerima.
      Meskipun berbeda, antara interferensi dan integrasi sebenarnya memiliki sisi yang sama, yaitu bahwa keduanya merupakan gejala bahasa yang terjadi sebagai akibat adanya kontak bahasa. Integrasi dan interferensi memiliki persamaan - persamaan antara lain bahwa baik gejala interferensi maupun integrasi bisa terjadi pada keempat tataran kebahasaan yaitu fonologi, gramatika, kosakata dan semantik.

0 komentar: